TINGKAT STRES AKADEMIK DAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SMA KARTIKA VIII-1 DI JAKARTA SELATAN

  • Wingki Mulia Arsy Akper Keris Husada
  • Fitri Annisa Akper Keris Husada
Keywords: Sekolah Menengah Atas, Stres Akademik, Tingkat Stres.

Abstract

Stres akademik adalah stress yang terjadi pada lingkungan sekolah atau lingkungan pendidikan. Stres akademik dapat dialami siswa siswi karena merasa kurang mampu dalam menghadapi tekanan dan tuntutan dalam lingkungan akademik untuk memperoleh nilai sesuai standar skor ketuntasan minimum (SKM) yang sudah ditetapkan disetiap mata pelajaran di sekolah masing-masing. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran tingkat stress akademik pada siswa siswi SMA Kartika VIII-1 di jakarta selatan. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2022 sampai 04 Juni 2022. Populasi pada penelitian ini adalah siswa siswi SMA Kartika VIII-1 di Jakarta selatan dengan sampel sebanyak 88 responden. Data adalah data primer dengan menggunakan instrument yaitu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat stres sangat tinggi dengan 25 responden (28,4%), (2) stress tinggi dengan 24 responden (27,2%), stress sedang dengan 22 responden (25%), stress sangat rendah dengan 9 responden (10,2%), dan rendah dengan 8 responden (9,1%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tigkat stres pada SMA Kartika VIII-1 lebih dominan pada tingkat stres sangat tinggi dengan 25 responden (28,4%).

Published
2022-08-22