Gambaran Perilaku Keluarga Dengan Hipertensi Dalam Penggunaan Obat Tradisional

  • Yuli Astuti Prodi DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Jakarta
  • Uum Safari Prodi DIII Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Jakarta
Keywords: Hypertension, Knowledge and Attitude, Traditional Medicine.

Abstract

Background: Perilaku kesehatan merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang yang akan berdampak positif atau negatif terhadap status kesehatannya. Pengetahuan dan sikap merupakan komponen yang terdapat dalam perilaku. Penggunaan obat tradisional adalah obat yang berasal dari bahan-bahan alami yang digunakan penderita hipertensi.

Objectives: Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran perilaku khususnya pengetahuan dan sikap dalam penggunaan obat tradisional pada penderita hipertensi Di Wilayah Kelurahan Pondok Ranggon..

Methods: Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Sempelnya sebanyak 30 responden dengan pengambilan sempelnya menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perilaku terhadap penggunaan obat tradisional yaitu pengetahuan dan sikap dan variabel dependennya adalah penggunaan obat tradisional pada hipertensi. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Analisa datanya ini menggunakan analisa univariat dengan menggambarkan pengetahun dan sikap masyarakat dalam minum obat tradisional

Results: Hasil penelitiannya menunjukan bahawa pengetahuan responden tinggi sebanyak 25 responden (83,33%), dan pengetahuan cukup sebanyak 5 responden (16,67%). Serta sikap yang positif sebanyak 30 responden (100%).

Conclusion: Pengetahun masyarakat tentang pengobatan tradisonal memiliki pengetahuan yang tinggi Serta sikap masyarakat tentang pengobatan tradisional memiliki sikap positif.

 

Keywords: Hypertension, Knowledge and Attitude, Traditional Medicine.

References

Hastuti MF, Sunanto N. Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik Dan Diastolik Pada Pasien Hipertensi. J Keperawatan. 2018;11(2):4.
2. Dafriani P, Prima B. Pendekatan Herbal Dalam Mengatasi Hipertensi. 2019;
3. Mu’min N, Rachmadi F, Fahdi FK. Pengaruh Pemberian Jus Tomat (Solanum Lycopersicum) Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Upk Puskesmas Kampung Dalam Kecamatan Pontianak Timur. J ProNers. 3(1).
4. Santoso SS, Prasodjo R. Faktor-faktor yang Mendorong Penderita Hipertensi ke Pengobatan Tradisional di DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. 2018;
5. Ervina L, Ayubi D. Peran kepercayaan terhadap penggunaan pengobatan tradisional pada penderita hipertensi di Kota Bengkulu. Perilaku dan Promosi Kesehat Indones J Heal Promot Behav. 2018;1(1):1–9.
6. R Z, Azyenela L, Penny DY. Perilaku Keluarga Dalam Swamedikasi Obat Herbal. 2019;10(2).
7. Novila EE. Penggunaan Obat Tradisional Untuk Swamedikasi Diare Di Desa Plembutan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.
8. Marlita L. Gambaran Pengetahuan Pasien Hipertensi dalam Mengkonsumsi Obat Tradisional di Upt Pstw Khusnul Khotimah Pekanbaru. J Keperawatan Abdurrab. 2016;1(1):9–14.
9. Puspita ANI. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penggunaan Obat Tradisional Di Kecamatan Mlati. 2019;
10. Djarami J. Pengetahuan Pasien Tentang Pengobatan Hipertensi Dengan Menggunakan Obat Tradisional Di Desa Waimital Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2017. Glob Heal Sci. 2018;3(2):155–61.
11. TARIGAN EH. Gambaran Pegetahuan, Sikap Dan Tindakan Masyarakat Terhadap Penggunaan Obat Tradisional Pada Penyakit Hipertensi Di Desa Sikeben Kecamatan Sibolangit. 2020;
Published
2022-08-22