GAMBARAN PENGGUNAAN GADGET DAN KUALITAS TIDUR ANAK USIA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • ENI SUMARTINI SUMARTINI AKADEMI KEPERAWATAN KERIS HUSADA

Abstract

Latar Belakang: Pada masa pandemi Covid-19 anak sekolah belajar dari rumah menggunakan gadget. Namun penggunaan gadget lebih dari 2 jam perhari bisa menimbulkan efek negatif salah satunya itu bisa merusak kualitas tidur anak. Kualitas tidur adalah kepuasan tidur yang dijalani individu dengan terlelap dan tidak ada bangun. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran penggunaan gadget dan kualitas tidur anak usia sekolah. Metode Penelitian: Penelitian deskriptif yang dilakukan pada 10 responden usia 6-12 tahun yang belajar dari rumah menggunakan gadget melalui wawancara langsung. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner PSQI (Pittsburgh Sleep Quality Index) dan kuesioner penggunaan gadget (smartphone addiction). Hasil Penelitian : Sebanyak 9 responden (90%) memiliki tingkat kecanduan gadget sedang dan 1 responden (10%) tingkat kecanduannya rendah. Sebagian besar responden memiliki tingkat kualitas tidur baik (90%) sebanyak 9 responden dan 1 responden memiliki tingkat kualitas tidur buruk. Simpulan: Mayoritas responden memiliki kualitas tidur baik (90%) dan kecanduan gadget sedang (90%).

Published
2021-12-07